Yuk dukung Pulau Komodo  

Posted by tjahjo in , ,

Ayo dukung Komodo menjadi salah satu New 7 Wonders of Nature

Mungkin kalian sudah mendengar bahwa Komodo menjadi salah satu nominator 7 keajaiban alam dunia yang baru dari 28 finalis yang tersisa setelah menyisihkan sekitar 400 lebih nominasi dari berbagai belahan dunia. Pada babak penyisihan sebelumnya Indonesia mewakilkan 3 nominasinya, yaitu :
1. Komodo National Park
2. Krakatau, Volcanic Island
3. Lake Toba

Tetapi akhirnya setelah melalui penyisihan dan sampai akhirnya terpilih 28 finalis, Komodo termasu didalamnya. Ke-28 finalis tersebut adalah :
> Amazon di BOLIVIA, BRAZIL, COLOMBIA, ECUADOR, FRENCH GUIANA, GUYANA, PERU, SURINAME, VENEZUELA
> Angel Falls di VENEZUELA
> Bay of Fundy di CANADA
> Black Forest di GERMANY
> Bu Tinah Island di UNITED ARAB EMIRATES
> Cliffs of Moher di IRELAND
> Dead Sea di ISRAEL, JORDAN, PALESTINE
> El Yunque di PUERTO RICO
> Galapagos di ECUADOR
> Grand Canyon di UNITED STATES
> Great Barrier Reef di AUSTRALIA, PAPUA NEW GUINEA
> Halong Bay di VIET NAM
> Iguazu Falls di ARGENTINA, BRAZIL
> Jeita Grotto di LEBANON
> Jeju Island di KOREA (SOUTH)
> Kilimanjaro di TANZANIA
> Komodo di INDONESIA
> Maldives di MALDIVES
> Masurian Lake District di POLAND
> Matterhorn/Cervino di ITALY, SWITZERLAND
> Milford Sound di NEW ZEALAND
> Mud Volcanoes di AZERBAIJAN
> Puerto Princesa Underground River di PHILIPPINES
> Sundarbans di BANGLADESH, INDIA
> able Mountain di SOUTH AFRICA
> Uluru di AUSTRALIA
> Vesuvius di ITALY
> Yushan di CHINESE TAIPEI


Perlu diketahui bahwa binatang komodo diyakini merupakan binatang pra-sejarah yang masih hidup sampai sekarang dan hanya terdapat di Indonesia. Bayangkan betapa harus bangganya kita. Mungkin itu yang menjadi alasan tim New 7 Wonders of Natures memasukkan Komodo sebagai salah satu pesertanya.

(Dikutip dari Wikipedia Indonesia) Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis[1]), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.[2] Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora

Termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, komodo merupakan kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 m. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau, yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo, dan laju metabolisme komodo yang kecil. Karena besar tubuhnya, kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup.

Komodo ditemukan oleh peneliti barat tahun 1910. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang. Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuah taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, didirikan untuk melindungi mereka.

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah barat Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.

Jadi sekarang saatnya kita sebagai warga negara yang bangga akan tanah air kita tercinta, Indonesia marilah kita mendukung Pulau Komodo menjadi bagian dari 7 keajaiban alam dunia. Kita ketahui bahwa sekarang Candi Borobudur tidak lagi menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia maka sekaranglah saatnya kita harumkan nama besar Indonesia dikancah dunia dengan cara vote melalui situs resmi New 7 Wonders di alamat http://www.new7wonders.com atau klik di sini

Jayalah terus Indonesiaku. Merdeka!!!

This entry was posted on Maret 19, 2010 at 17.56 and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

4 komen

saya sudah vote lho! cuma syg, msk satu email bwt satu vote sih?

12 April, 2010

salam kenal ya...

20 Juni, 2010

sitenya manteb sih bro...cman mo ninggalin komen kok aga ribet ya.....haha

03 Oktober, 2010

buat sansan: thx atas kunjungannya..ni dah gua rubah setingannya...biar gak ribet lg.mksh

03 Oktober, 2010

Posting Komentar

wibiya widget