6 Alasan Melejitnya Open Source  

Posted by tjahjo in ,

Kalian tahu nggak si kenapa sekarang banyak banget orang nyebut-nyebut "open source"?
Menurut sebuah laporan "Open Source in the Enterprise" yang dirilis O'Reilly Research menunjukkan bahwa setidaknya ada enam alasan penting yang menyebabkan peningkatan pemakaian open source yang drastis dalam beberapa tahun belakangan ini. Banyak perusahaan mulai menggunakan aplikasi open source seperti OpenOffice sebagai alternatif produk komersiil seperti Microsoft Office 2007, dan Linux sudah mulai memasuki segmen pemakai umum.
O'Reilly mengatakan bahwa enam alasan meroketnya open source adalah:
1. Kecepatan pengembangan dan skalabilitas
2. Mengurangi ketergantungan terhadap vendor
3. Kualitas dan keamanan
4. Harga
5. Kendali penuh terhadap pengembangan
6. Inovasi

Alasan utama mengapa perusahaan memilih memakai aplikasi open source adalah untuk mengurangi ketergantungan terhadap vendor. Laporan tersebut menulis bahwa "vendor dapat melakukan 'pemerasan' dengan meningkatkan harga pemeliharaan dan pembaharuan. Sebagai contoh, Oracle belum lama ini mengumumkan peningkatan harga sebesar 20% untuk aplikasi database (bersama dengan biaya pemeliharaan), mereka tahu bahwa tidak banyak perusahaan yang akan menolak peningkatan harga ini karena sulitnya menggantikan produk tersebut."

Menggunakan perangkat lunak open source memberikan pilihan kepada pemakai, tidak seperti aplikasi komersiil yang membatasi opsi yang dimiliki. Ini adalah kebebasan yang ditawarkan aplikasi open source.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa harga juga merupakan faktor penting karena siapapun akan memilih solusi gratis dibanding berbayar apabila keduanya memiliki kualitas sama. Dan yang terakhir, kualitas dan keamanan produk-produk open source, bersama dengan komunitas pengembangnya yang bervariasi juga mendorong pertumbuhannya.

This entry was posted on Agustus 09, 2008 at 22.53 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komen

Posting Komentar

wibiya widget